YURISTGAMEINIGAMEID101

Pancasila : 13 Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasan [Lengkap]


      Fungsi - Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasan ~
      Pancasila adalah ideologi dasar bagi Negara Indonesia. Nama ini terdiri dari 2 kata dari Bahasa Sanskerta yaitu, "pañca berarti lima" dan "śīla berarti asas". Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara serta tujuan dari seluruh rakyat Indonesia. Pancasila disahkan pada tanggal 1 Juni 1945, yang mana setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.



Fungsi Fungsi Pancasila
      Sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia, apakah kita semuanya sudah mengetahui apa itu Pancasila ? Lalu apa sih fungsi pancasila itu ? Berikut kami jabarkan beberapa fungsi pokok Pancasila : 

1. Pancasila sebagai Dasar Negara
       Pancasila dalam hal ini digunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan Negara. Dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara yang sesuai dengan bunyi dan isi yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
       Pandangan hidup berarti tuntunan yang dapat menjadi landasan dalam memecahkan suatu masalah. Pandangan hidup masyarakat diangkat menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia melalui Pancasila. Sehingga Pancasila selalu dijunjung tinggi oleh setiap warga Indonesia. Dengan Pancasila, masyarakat dapat memandang dan memecahkan masalah yang dihadapi dengan tepat.

3. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia
       Ideologi yang berarti ide atau gagasan merupakan seperangkat nilai yang diyakini kebenarannya untuk suatu bangsa dan digunakan untuk menata masyarakat yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia merupakan kumpulan ide atau gagasan yang memiliki nilai dan diyakini kebenarannya oleh bangsa Indonesia dan digunakan untuk menata masyarakat yang ada di dalamnya. Perlu diingat Pancasila sebagi Ideologi Bangsa Indonesia terikat dengan sapuan yang luas bukan individu. Jadi Pancasila disini bukanlah sebagai keyakinan pribadi.

4. Pancasila sebagai Dasar Filsafat Negara
       Pancasila sebagai dasar filsafat negara mampu menjawab pertanyaan yang bersifat fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Filsafat Pancasila juga mampu mencari kebenaran yang substansial tentang hakikat, ide, dan tujuan negara. Fungsi Pancasila sebagai dasar filsafat negara akan terlihat jelas ketika kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia telah berjalan teratur.

5. Pancasila sebagai Sumber Hukum
       Pancasila merupakan sumber tertib hukum bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sumber tertib hukum Indonesia tersebut adalah pandangan hidup, kesadaran, cita-cita hukum beserta cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan dan watak bangsa Indonesia.

6. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
       Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia itu sendiri. Pancasila telah ada sejak adanya bangsa Indonesia karena Pancasila memberi ciri khas bangsa Indonesia dan tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia. 

7. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
       Fungsi yang satu ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk sikap mental maupun tingkah lalu atau perilaku beserta amal perbuatan dari sikap mental tersebut. Kepribadian yang dimaksudkan adalah ciri khas. Artinya suatu sikap mental dan tingkah laku yang mempunyai ciri khas tersendiri sehingga mampu dibedakan dengan bangsa lainnya di seluruh dunia. Itulah yang dinamakan kepribadian.

8. Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa
       Pancasila berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa dari perpecahan dan konflik yang terjadi di tengah masyarakat karena Pancasila digali dari keberagaman suku, agama, ras, dan kebudayaan yang berbeda-beda dan sangat majemuk. Pancasila tidak memihak kepada salah satu agama atau budaya tertentu. Sila ketiga Pancasila bahkan menegaskan persatuan Indonesia.

9. Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Pendiri Bangsa
       Pancasila berarti Perjanjian luhur yang menyangkut ikrar yang telah dibuat saat memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia. Artinya disaat bangsa Indonesia memutuskan untuk merdeka menjadi sebuah Negara pada tanggal 17 Agustus 1945. Meskipun pada saat itu bangsa Indonesia belum mempunyai Undang-Undang Dasar secara tertulis. 

10. Pancasila sebagai Identitas Nasional
          Pancasila berarti Identitas nasional adalah ciri, tanda, atau jati diri yang melekat pada bangsa Indonesia sehingga membedakan Indonesia dengan bangsa lain. Salah satu identitas nasional adalah Pancasila sebagai dasar negara. 

11. Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional
          Pancasila disini berarti kerangka pemikiran. Dalam menyusun program pembangunan nasional dibutuhkan suatu kerangka pemikiran yang melandasi pembangunan nasional itu sendiri. Pancasila dapat dijadikan sebagai landasan pembangunan nasional baik itu di bidang sosial, budaya, pertahanan, keamanan, dan sebagainya.

12. Pancasila sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa
          Sebagaimana kita ketahui bahwa cita-cita luhur bangsa Indonesia termuat tegas dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Hal ini dikarenakan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan media penuangan jiwa proklamasi, yaitu jiwa Pancasila yang tertulis di dalamnya, tepatnya pada alinea keempat. Cita-cita luhur inilah yang kelak akan dicapai oleh bangsa Indonesia selaku bangsa atau Negara.

13. Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa
          Pancasila di sini merupakan sarana atau alat yang sangat ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia agar tidak rerjadinya penyebab terciptanya masyarakat majemuk dan multikultural . Hal ini dikarenakan Pancasila merupakan falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma luhur serta diyakini paling benar, adil, bijaksana, dan tepat bagi bangsa Indonesia untuk bisa mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

       Demikianlah pembahasan dari saya mengenai Fungsi Pokok - Pokok Pancasila. Apabila ada yang ingin ditanyakan ataupun ada kesalahan dalam artikel saya, mohon bantuannya untuk memberikan saran di kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat bagi kita semua. Dan jika kalian ingin mempelajari lebih dalam seputar Pendidikan Kewarganegaraan, kalian bisa membaca-baca artikel lain di blog ini. Terimakasih...

Tags :
13 Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasan [Lengkap]
Fungsi - Fungsi Pokok Pancasila Beserta Penjelasan [Lengkap]
13 Fungsi Pokok Pancasila
Fungsi Fungsi Pokok Pancasila
Sebutkan Fungsi - Fungsi Pokok Pancasila
13 Kedudukan Pokok Pancasila Beserta Penjelasan [Lengkap]
Kedudukan Pancasila Beserta Penjelasan [Lengkap]

About Author

Related Post

Comedy Movies