YURISTGAMEINIGAMEID101

10 Alat Pemersatu Bangsa dan Negara Republik Indonesia (Lengkap)

 
   Alat Pemersatu Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Indonesia telah merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Sejak saat itu, Bangsa Indonesia ini terdiri atas berbagai suku bangsa atau etnik. Karena terdiri atas banyak suku bangsa, negara Indonesia dikenal sebagai bangsa yang pluralistik. Suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memiliki ikatan etnik atau ikatan primordial, seperti kesatuan ras, budaya, agama, bahasa, dan tradisi. Meski demikian, bangsa Indonesia dapat bersatu bukan karena ikatan primordial, melainkan karena perasaan satu nasib dan cita-cita bersama. Inilah yang menumbuhkan nasionalisme Indonesia.

   Semangat kebangsaan perlu dibangun dan dikembangkan sebagai perekat-perekat nasionalisme. Perekat nasionalisme itu mempunyai fungsi sebagai sarana pemersatu bangsa antara semua golongan dan kelompok masyarakat Indonesia. Pada umumnya, semangat nasionalisme pada diri tiap warga negara dapat senantiasai dipelihara dengan adanya pengakuan, penerimaan, dan kesediaan untuk menghormati alat pemersatu bangsa tersebut.

    Lalu apa saja Alat Pemersatu Bangsa Tersebut ? 
Alat-alat pemersatu bangsa tersebut, antara lain, sebagai berikut.
A. Bahasa Indonesia
   Berawal dari rumpun bahasa Melayu, Bahasa Indonesia dipergunakan sebagai bahasa pergaulan yang kemudian diangkat sebagai bahasa persatuan pada tanggal 28 Oktober 1928. Hal itu ditegaskan lagi dalam Pasal 36 UUD RI Tahun 1945 yang berbunyi: “... bahasa negara adalah Bahasa Indonesia”.

B. Bendera negara
   Bendera negara Indonesia ialah Sang Merah Putih sebagaimana disebutkan dalam Pasal 35 UUD 1945. Warna merah berarti berani dan putih berarti suci. Lambang merah putih ini sudah dikenal sejak zaman purba menjadi lambang keagungan, kesaktian, dan kejayaan. Pada masa Kerajaan Majapahit, merah putih telah dijadikan panji negara. Penggunaan lambang ini pun dilanjutkan ketika bangsa Indonesia membentuk sebuah negara kesatuan.

C. Lagu kebangsaan Indonesia Raya
   Pasal 36B UUD RI Tahun 1945 berbunyi: “Lagu kebangsaan ialah Indonesia Raya”. Lagu yang pertama kali dikumandangkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam forum Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda ini kemudian diangkat menjadi lagu kebangsaan negara.

D. Lambang negara
   Garuda adalah burung khas Indonesia yang dijadikan lambang negara. Pasal 36A UUD 1945 menegaskan bahwa lambang negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

E. Semboyan negara
   Pasal 36A UUD RI Tahun1945 berbunyi: “... semboyan Bhinneka Tunggal Ika”, artinya kata-kata itu dijadikan semboyan negara. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu. Ini menunjukkan kenyataan bahwa bangsa kita heterogen, namun tetap berkeinginan untuk menjadi satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

F. Dasar falsafah
   Pancasila merupakan dasar falsafah negara Indonesia. Hal tersebut tercantum dalam Pembukaan UUD RI Tahun 1945 alinea IV yang berisi lima nilai dasar. Lima nilai dasar itulah yang dijadikan sebagai dasar falsafah dan ideologi dari negara Indonesia.

G. Konstitusi (Hukum Dasar) Negara
   Undang-Undang Dasar 1945 merupakan konstitusi negara. Dalam tata urutan perundangan, UUD 1945 merupakan hukum dasar tertulis yang menduduki tingkatan tertinggi dan dijadikan sebagai pedoman penyelenggaraan bernegara. Kedudukan UUD 1945 sebagai hukum dasar tertinggi ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004.
H. Konsepsi Wawasan Nusantara

I. Kebudayaan daerah yang telah diterima sebaga kebudayaan nasional
   Berbagai kebudayaan yang berasal dari berbagai macam suku bangsa di Indonesia yang memiliki cita rasa tinggi, dapat dinikmati, dan diterima oleh masyarakat luas merupakan suatu kebanggaan bangsa atas kebudayaan nasional. Sebagai contoh adalah batik yang merupakan warisan budaya nenek moyang kita. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai kesenian batik dengan ciri khasnya masing-masing. Batik kini sudah diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO (2 Oktober 2009).

J. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia
   Bentuk negara adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahan adalah republik. Hal ini berdasarkan Pasal I ayat 1 yang berbunyi: “Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik”. Sistem politik yang digunakan adalah sistem demokrasi (kedaulatan rakyat).

   Demikianlah pembahasan mengenai 10 Alat Pemersatu Bangsa dan Negara Repulik Indonesia. Semoga materi artikel ini menjadi bermanfaat bagi kita semua dalam hal memperdalam ilmu mengenai PKN. Sekian dari saya, Terimakasih Telah Berkunjung ...

Tags :
- Sebutkan Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- Sebutkan Alat Pemersatu Negera Indonesia
- Apa Saja Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- Bahasa Indonesia Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- Bendera Negara Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- Lambang Negara Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- Pancasila Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Indonesia
- UUD 1945 Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Indonesia

About Author

Related Post

Comedy Movies