YURISTGAMEINIGAMEID101

Bangsa: Pengertian, Faktor, Ciri, Proses,dan Unsur Terbentuknya Bangsa (Lengkap)

   Pengertian Bangsa Faktor Bangsa Ciri Bangsa Proses Unsur Terbentuknya Bangsa. Dalam mempelajari betapa indahnya bangsa-bangsa di dunia ini, hendaknya kita mengetahui dahulu beberapa hal mengenai istilah bangsa itu sendiri. Lalu apa sih itu bangsa ? Bagaimana terbentuknya suatu bangsa ? Dan apa saja faktor-faktornya ? Berikut kami bahas secara singkat dan padat agar mudah dimengerti.

A. Definis/Pengertian Bangsa
   Istilah bangsa berasal dari bahasa latin aitu natio yang berarti sesuatu telah lahir. Kata tersebut bermakna keturunan, kelompok orang yang berada dalam satu garis keturunan. Dalam bahasa Inggris bangsa disebut dengan kata nation.

   Dalam masyarakat, istilah Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap Nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama.

   Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai pengertian bangsa, berikut ada beberapa definisi bangsa dari para ahli :
1). Ernet Renan
   Bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.
2). Hans Kohn
   Bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan Agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dan bangsa lain.
3). Otto Bauer
   Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.
4). G.A. Jacobsen dan M.H. Lipman
   Bangsa merupakan suatu kesatuan budaya dan kesatuan politik.  
5). Anthony D. Smith
   Bangsa adalah suatu komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal, dan hak serta kewajiban bersama bagi semua anggotanya.
6). Lothrop Stoddard
   Bangsa merupakan suatu kepercayaan dari suatu kelompok orang yang cukup banyak bahwa mereka adalah satu bangsa.
7). Ben Anderson
   Bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.
8). Ir. Soekarno
   Bangsa merupakan segerombolan manusia yang besar, keras (mempunyai persamaan watak/karakter), mempunyai keinginan untuk bersatu dan hidup di atas suatu wilayah satu unit yang nyata.

B. Ciri-Ciri Suatu Bangsa
   Berdasarkan penjelasan-penjelasan beberapa poin sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri suatu bangsa adalah sebagai berikut :
  • Mempunyai wilayah kekuasaan
  • Mempunyai kedaulatan/pemerintahan
  • Mempunyai Lembaga pemerintahan
  • Mempunyai sistem peraturan dan hukum 
  • Mempunyai penduduk dan budaya

C. Faktor-Faktor Terbentuknya Bangsa
   Faktor-faktor pembentukan suatu bangsa sangat berkaitan dengan identitas yang menyatukan masyarakat. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Primordial yang termasuk dalam faktor ini yaitu ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa dan adat istiadat.
  • Tokoh menjadi salah satu faktor pembentuk bangsa karena bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  • Sejarah merupakan salah satu faktor pembentukan bangsa karena sejarah dan pengalaman masa lalu seperti penderitaan akan melahirkan solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk satu tekad dan satu tujuan antar kelompok masyarakat.
  • Sakral dalam faktor ini yaitu adanya kesamaan agama yang dianut oleh masyarakat dan dalam hal ini agama dapat membentuk suatu ideologi doktrin yang kuat dalam masyarakat, sehingga keterkaitannya dapat menimbulkan bangsa.
  • Perkembangan Ekonomi dikatakan sebagai faktor pembentukan bangsa karena semakin meningkatnya perkembangan ekonomi semakin beragam pula kebutuhan masyarakat sehingga membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak langsung akan membuat masyarakat ingin membentuk satu kesatuan yaitu bangsa sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.

D. Unsur Terbentuknya Suatu Bangsa
   Berikut ini unsur-unsur penting bagi terbentuknya suatu bangsa :
  • Berada dalam suatu wilayah tertentu.
  • Adanya kelompok manusia yang memiliki kemauan untuk bersatu
  • Secara psikologis, merasa senasip, sepenanggungan, setujuan, atau memiliki cita-cita yang sama.
  • Adanya keinginan untuk membentuk sistem pemerintahan dan bersedia mengikuti sistem tersebut.
  • Memiliki kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa, ciri fisik ataupun kesamaan lainnya sehingga dapat dibedakan dari bangsa lain.

E. Proses Terbentuknya Suatu Bangsa
   Adapun proses terbentuknya bangsa (dalam arti politis) meliputi 2 model sebagai berikut :
1). Model Ortodoks
   Menurut model ortodoks, sebuah bangsa terbentuk lebih dahulu, kemudian baru bangsa tersebut membentuk negara sendiri. Contohnya bangsa yahudi yang berusaha mendirikan negara israel.

   Ciri-ciri bangsa dengan model ortodoks adalah sebagai berikut :
  • Tidak terjadi perubahan unsur dalam masyarakat karena mereka telah berhubungan sejak lama sebelum negara terbentuk.
  • Partisipasi dan kesadaran politik dalam masyarakatnya tidak terlalu kuat karena tidak ada banyak perbedaan setelah negara terbentuk.
  • Tidak membutuhkan waktu yang lama, karena mereka hanya perlu untuk membentuk sistem pemerintahan yang baru, sedangkan identitas bangsa tersebut sudah ada sejak lama.

2). Model Mutakhir
   Menurut model mutakhir, sebuah bangsa terbentuk setelah suatu negara terbentuk. Artinya negara terbentuk lebih dulu melalui poroses tersendiri, kemudian barulah terbentuk bangsa dari negara tersebut. Contohnya adalah negara Amerika Serikat yang kemudian melahirkan bangsa amerika di dalamnya.

   Ciri – ciri bangsa dengan model mutakhir adalah sebagai berikut :
  • Memiliki perubahan unsur bangsa karena terbentuk dari penyatuan beberapa kelompok orang yang tinggal dalam suatu negara.
  • Partisipasi dan kesadaran politik bangsanya sangat besar karena banyak perbedaan yang timbul dalam proses terbentuknya bangsa dengan satu kesatuan.
  • Membutuhkan waktu yang lama hingga terbentuknya identitas bangsa tersebut karena beberapa kelompok yang bersatu memerlukan waktu untuk beradaptasi satu sama lain.

   Dari pembahasan tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa suatu bangsa dapat terbentuk oleh beberapa faktor dan unsur didalamnya. Oleh karena tiap-tiap bangsa memiliki sejarah, karakteristik, dan kehendak yang berbeda-beda, maka faktor dan unsur terbentuknya bangsa juga bisa berbeda antara bangsa yang satu dan yang lain.

Tags :
Jelaskan pengertian bangsa, Jelaskan definisi bangsa
Sebutkan unsur-unsur terbentuknya bangsa
Sebutkan faktor-faktor terbentuknya bangsa
Jelaskan proses terbentuknya suatu bangsa
Sebutkan ciri-ciri suatu bangsa
Defini Pengertian bangsa menurut para ahli

About Author

Related Post

Comedy Movies