YURISTGAMEINIGAMEID101

Pancasila : Pengertian Lambang - Lambang Pancasila [Lengkap]


      Pengertian dan Penjelasan Lambang - Lambang Pancasila [Lengkap] ~
      Pancasila adalah ideologi dasar bagi Negara Indonesia. Nama ini terdiri dari 2 kata dari Bahasa Sanskerta yaitu, "pañca berarti lima" dan "śīla berarti asas". Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara serta tujuan dari seluruh rakyat Indonesia. Pancasila disahkan pada tanggal 1 Juni 1945, yang mana setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.


Lambang-Lambang Pancasila

       Lambang Pancasila adalah Garuda Pancasila. Lambang ini berupa burung Garuda yang di depannya terdapat perisai yang berisi gambar atau simbol yang melambangkan kelima sila dalam Pancasila. Berikut simbol simbol dalam pancasila :

1. Sila ke 1
       Berbunyi sebagaimana, "Ketuhanan Yang Maha Esa." Lambangnya adalah bintang. Gambar bintang merupakan lambang Warga negara Indonesia diharapkan dapat berperilaku yang baik sesuai aturan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa.

2. Sila ke 2
       Berbunyi sebagaimana, "Kemanusian yang adil dan beradab." Lambangnya adalah rantai. Gambar rantai merupakan Makna dari simbol rantai yang berbentuk bundar itu melambangkan perempuan, sementara mata rantai yang bentuknya segi empat melambangkan laki-laki. Dan diharapkan rakyat Indonesia tidak mendiskriminasi antara kaum wanita dan laki-laki.

3. Sila ke 3
       Berbunyi sebagaimana, "Persatuan Indonesia." Lambangnya adalah pohon beringin. Gambar pohon beringin menjadi simbol di bawah naungan pohon ini setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk memajukan bangsanya.

4. Sila ke 4
       Berbunyi sebagaimana, "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan." Lambangnya adalah kepala banteng. Gambar kepala banteng sebagai simbol dalam menyelesaikan sebuah persoalan untuk selalu mengutamakan musyawarah.

5. Sila ke 5
       Berbunyi sebagaimana, "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia." Lambangnya adalah padi dan kapas. Gambar padi dan kapas melambangkan Keadlian Sosial Seluruh Rakyat Indonesia. Dengan terwujudnya keadilan yang sosial, diharapkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat merata.

    Demikianlah pembahasan dari saya mengenai Lambang Pancasila. Apabila ada yang ingin ditanyakan ataupun ada kesalahan dalam artikel saya, mohon bantuannya untuk memberikan saran di kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat bagi kita semua. Dan jika kalian ingin mempelajari lebih dalam seputar Pendidikan Kewarganegaraan, kalian bisa membaca-baca artikel lain di blog ini. Terimakasih...

Tags :
Pengertian Lambang Lambang Pancasila
Penjelasan Lambang Lambang Pancasila
Pengertian Simbol Simbol Pancasila
Penjelasan Simbol Simbol Pancasila
Pengertian Lambang Pancasila Sila ke 1 ke 2 ke 3 ke 4 ke 5
Pengertian Simbol Pancasila Sila ke 1 ke 2 ke 3 ke 4 ke 5

About Author

Related Post

Comedy Movies