YURISTGAMEINIGAMEID101

Proses Terbentuknya Bangsa dalam Arti Politis Beserta Penjelasan

   Proses Terbentuknya Bangsa dalam Arti Politis ~  Istilah bangsa berasal dari bahasa latin aitu natio yang berarti sesuatu telah lahir. Kata tersebut bermakna keturunan, kelompok orang yang berada dalam satu garis keturunan. Dalam bahasa Inggris bangsa disebut dengan kata nation.

    Adapun Proses terbentuknya bangsa dalam arti politis meliputi dua model sebagai berikut:
A). Model Orthodoks
   Berdasarkan model ini terbentuknya bangsa yang sudah bernegara diawali dari adanya suatu bangsa terlebih dahulu, kemudian bangsa tersebut membentuk suatu negara sendiri. Sebagai contoh, Bangsa Yahudi yang mendirikan negara Israel.

B). Model Mutakhir
   Berdasarkan model ini keberadaan suatu bangsa bermula dari adanya suatu negara dan negara tersebut terdiri dari berbagai bangsa sehingga pemerintahan negara tersebut menghimpun banyak bangsa didalamnya. Sebagai contoh, negara Amerika Serikat ang terdiri dari berbagai macam bangsa didalamnya.

   Dalam masyarakat, istilah Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap Nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama.

Tags :
Proses terbentuknya suatu bangsa dalam arti politis
Jelaskan proses terbentuknya bangsa dalam arti politis
Bagaimana proses terbentuknya bangsa dalam arti politis
Jelaskan proses terbentuknya suatu bangsa dalam arti politis

Bagaimana proses terbentuknya suatu bangsa dalam arti politis

About Author

Related Post

Comedy Movies