YURISTGAMEINIGAMEID101

Unsur-Unsur Terbentuknya Bangsa (Wajib Ada)

   Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa Lengkap beserta Pendapat Para Tokoh ~

  Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap Nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, ideologi, budaya, sejarah, dan tujuan yang sama. Istilah bangsa ini berasal dari bahasa Latin, yaitu natio yang berarti sesuatu telah lahir. Yang memiliki makna keturunan atau kelompok orang yang berada dalam satu garis keturunan. Secara umum, unsur-unsur terbentuknya bangsa meliputi sebagai berikut.


Unsur Terbentuknya Bangsa
  1. Berada dalam suatu wilayah tertentu.
  2. Adanya kelompok manusia yang memiliki kemauan untuk bersatu
  3. Secara psikologis, merasa senasip, sepenanggungan, setujuan, atau memiliki cita-cita yang sama.
  4. Adanya keinginan untuk membentuk sistem pemerintahan dan bersedia mengikuti sistem tersebut.
  5. Memiliki kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa, ciri fisik ataupun kesamaan lainnya sehingga dapat dibedakan dari bangsa lain.

Unsur Terbentuknya Bangsa menurut para Ahli
- F. Ritzel
  Menurut F. Ritzel, suatu bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu, dan hasrat tersebut lahir karena adanya kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik)
- Hans Kohn
  Menurut Hans Kohn, bangsa terjadi karena persamaan ras, bahasa, adat istiadat, dan agama yang merupakan faktor pembeda bangsa yang satu dengan yang lainnya.
- Ernest Renan
   Menurut Ernest Renan, unsur terbentuknya bangsa adalah kesamaan jiwa, yaitu kesamaan kehendak untuk bersatu sehingga walaupun berasal dari berbagai macam suku, budaya, dan agama tetapi adanya kehendak untuk bersatu menjadikan satu kekuatan terbentuknya bangsa. 
- Otto Bauer
   Menurut Otto Baeur, terbentuknya bangsa didasari oleh adanya kesamaan nasib adakan derita dan keberuntungan yang sama sehingga orang dengan nasib yang sama akan merasa sebagai satu bangsa.
- Ir. Soekarno
  Sedangkan menurut Ir. Soekarno, terbentuknya bangsa bukan hanya didasari oleh kesamaan kehendak untuk bersat dan kesamaan senasib, melainkan juga keterkaitan orang dengan tempat tinggalnya.

   Dapat disimpulkan bahwa tiap-tiap bangsa memiliki sejarah, karakteristik, dan kehendak yang berbeda-beda, dan oleh karena itu unsur terbentuknya bangsa juga bisa berbeda antara bangsa yang satu dan yang lain. Demikian penulisan artikel tentang Unsur-Unsur Terbentuknya Bangsa yang Wajib Ada. Semoga informasi artikel tersebut dapat bermanfaat dengan membantu kalian menambah pengetahuan serta pengerjaan tugas. Terimakasih Telah Berkunjung ^.^

Referensi: Buku KREATIF SMA/MA dan SMK/MAK Kelas X Semester 1 (Viva Pakarindo)
Tags :
Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa yang Harus Ada
Sebutkan unsur unsur umum terbentuknya bangsa
Sebutkan unsur unsur terbentuknya bangsa menurut F. Ritzel
Sebutkan unsur unsur terbentuknya bangsa menurut Hans Kohn 
Sebutkan unsur unsur terbentuknya bangsa menurut Ernest Renan
Sebutkan unsur unsur terbentuknya bangsa menurut Otto Bauer
Sebutkan unsur unsur terbentuknya bangsa menurut Ir. Soekarno

About Author

Me ? Aldian~

Hanya seorang Blogger, Youtuber, dan pengamat Media Sosial

Related Post

Comedy Movies